8a_Materi Pelajaran Semester Ganjil Kelas 8

 



       Salam sobat lailatul fitri  jumpa lagi dengan saya, kali ini saya menulis tentang Materi Pelajaran Semester Ganjil Kelas VIII.


#Berpikir Komputasional

A.Fungsi

B.Himpunan dan Sistem Bilangan 

   1.Himpunan 

   2.Sistem Bilangan 

a.Ilustrasi Sistem Bilangan 

   1.)Timbangan Digital 

   2.)Tas,dan Logam Mulia Batang

   3.Analisis Soal Tas dan Logam Mulia          Batang dan katanya dengan                      Timbangan Digital

B.Konversi Bilangan Desimal Menjadi Bilangan Biner dan Oktal

1.)Konversi ke Bilangan Biner

   2.)Konversi ke Bilangan Oktal

C.Konversi Bilangan Biner dan Oktal Menjadi Bilangan Desimal 

   1.) Konversi Bilangan Biner Menjadi            Bilangan Desimal 

   2.) Konversi Bilangan Oktal Menjadi             Bilangan Desimal 

C.Algoritma 

D.Struktur Data

#Teknologi Informasi dan Komunikasi 

   1.Objek Aplikasi 

   2.Finter Aplikasi 

a.Antara Muka Aplikasi 

b.Filter cut,copy,dan paste 

c.Screen Shoot dan Snipping Tool6


3.Studi,kasus:analisis objek dan fitur aplikasi pengolah kata analisis/bedah aplikasi pengolah kata 


A.Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi 


B.Pembuatan Laporan 

C.Merangkum Narasi dari Konter Digital 

D.Laboratium Maya Sejarah 

   1.Laboratium,Maya Phet 

   2.NOVA Labs

   3.The concord consartium 


Demikian tulisan yang saya sampaikan mohon maaf apabila ada salah/kekurangan🙏🏻🙏🏻.


Bab 4 Sistem Komputer.

A. Komponen Sistem Komputer.

     1. Perangkat Keras (Hardware)

     2. Perangkat Lunak (Software)

         a. Sistem Operasi.

         b. Perangkat Lunak Aplikasi

            c. Perangkat Lunak Pemrograman

B. Pengalamatan Memori

    1. Sistem Heksadesimal.

    2. Pengalamatan Memori dengan                Heksadesimal.

C. Central Processing Unit

C. Central Processing Unit 

Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet

A. Jaringan Komputer

    1. Jaringan Lokal

    2. Jaringan Internet

    3. Konfigurasi Jaringan Komputer

    4. Routing pada Jaringan Komputer

B. Komunikasi Data pada Ponsel

C. Terhubung ke Internet dengan Aman.

    1. Web Phishing

    2. Setting Keamanan pada Browser

Bab 6 Analisis Data.

A. Pencarian Data.

    1. Pencarian Data dengan Fungsi  Lookup

    2. Pencarian Data dengan Fungsi                  Reference

B. Visualisasi Data

C. Peringkasan Data

    1. SUMIFS dan COUNTIFS

    2. Pivot Table Satu Dimensi

    3. Pivot Table Dua Dimensi.

D. Pengelolaan Data

E. Studi Kasus 

    1. Tantangan - Pencarian Data.

    2. Tantangan- Peringkasan dan                    Visualisasi Data..

    3. Tantangan - Pengelolaan Data

Bab 7 Algoritma Pemrograman..

A. Eksplorasi Lanjutan Scratch..

    1. Kode Control, Input, dan Variable

    2. Kode Custom Block.

B. Pengantar Blockly Games dan     Eksplorasi Puzzle Maze.                                                                                         C. Eksplorasi Blockly Games Music.

D. Eksplorasi Sprites dengan Blockly.

E. Pengenalan Pemrograman    Prosedural

   1. Variabel

   2. Percabangan

   3. Pengulangan.

F. Modul Tambahan - Bermain dengan      Robot Ozobot.

Bab 8 Dampak Sosial Informatika.

A. Media Sosial

     1. Klasifikasi Media Sosial

     2 Damnak Media Sosial

B. Mengkaji Kritis Informasi Media           Sosial

    1. Mengembangkan Pemikiran Kriti

    2.Memberikan sumber informasi

    3. Melakukan Check and Recheck               dari Liputan Lain

    4.Cek Validitas Gambar

    5. Gunakan Akal Sehat

C. Cyberbullying.

    1. Perlakuan Cyberbullying..

    2. Tanya-Jawab Seputar                                  Perundungan Dunia Maya.

       a. Bagaimana menentukan                           seseorang sedang dirundung  atau  masih dalam konteks  bercanda?

       b. Dampak apa yang dapat                             diakibatkan oleh perundungan  dunia maya?

       c. Bagaimana jika kalian dan teman kalian menjadi korban cyberbullying?

       d. Bagaimana kita menghentikan                 cyberbullyinng dan menghindari akses ke internet?.

       e. Bagaimana cara mencegah                       informasi pribadi agar tidak   digunakan untuk memanipulasi  atau mempermalukan kita di                   media sosial?.

Bab 9 Praktik Lintas Bidang.

A. Media Interaktif Lempeng Bumi.

    1. Media Interaktif Lempeng Bumi.

    2. Media Interaktif Lempeng  Tektonik Indonesia.

B. Mesin Hitung Uang Koin

C. Modifikasi Tampilan Mesin Hitung  Uang Koin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7a_Langkah-Langkah Membuat Vidio Di Capcut

7_a aplikasi yg di pasang di hp ku

7a_rangkuman berpikir komputasional bab 2