8a_Materi Pelajaran Semester Ganjil Kelas 8
Salam sobat lailatul fitri jumpa lagi dengan saya, kali ini saya menulis tentang Materi Pelajaran Semester Ganjil Kelas VIII.
#Berpikir Komputasional
A.Fungsi
B.Himpunan dan Sistem Bilangan
1.Himpunan
2.Sistem Bilangan
a.Ilustrasi Sistem Bilangan
1.)Timbangan Digital
2.)Tas,dan Logam Mulia Batang
3.Analisis Soal Tas dan Logam Mulia Batang dan katanya dengan Timbangan Digital
B.Konversi Bilangan Desimal Menjadi Bilangan Biner dan Oktal
1.)Konversi ke Bilangan Biner
2.)Konversi ke Bilangan Oktal
C.Konversi Bilangan Biner dan Oktal Menjadi Bilangan Desimal
1.) Konversi Bilangan Biner Menjadi Bilangan Desimal
2.) Konversi Bilangan Oktal Menjadi Bilangan Desimal
C.Algoritma
D.Struktur Data
#Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.Objek Aplikasi
2.Finter Aplikasi
a.Antara Muka Aplikasi
b.Filter cut,copy,dan paste
c.Screen Shoot dan Snipping Tool6
3.Studi,kasus:analisis objek dan fitur aplikasi pengolah kata analisis/bedah aplikasi pengolah kata
A.Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi
B.Pembuatan Laporan
C.Merangkum Narasi dari Konter Digital
D.Laboratium Maya Sejarah
1.Laboratium,Maya Phet
2.NOVA Labs
3.The concord consartium
Demikian tulisan yang saya sampaikan mohon maaf apabila ada salah/kekurangan🙏🏻🙏🏻.
Bab 4 Sistem Komputer.
A. Komponen Sistem Komputer.
1. Perangkat Keras (Hardware)
2. Perangkat Lunak (Software)
a. Sistem Operasi.
b. Perangkat Lunak Aplikasi
c. Perangkat Lunak Pemrograman
B. Pengalamatan Memori
1. Sistem Heksadesimal.
2. Pengalamatan Memori dengan Heksadesimal.
C. Central Processing Unit
C. Central Processing Unit
Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet
A. Jaringan Komputer
1. Jaringan Lokal
2. Jaringan Internet
3. Konfigurasi Jaringan Komputer
4. Routing pada Jaringan Komputer
B. Komunikasi Data pada Ponsel
C. Terhubung ke Internet dengan Aman.
1. Web Phishing
2. Setting Keamanan pada Browser
Bab 6 Analisis Data.
A. Pencarian Data.
1. Pencarian Data dengan Fungsi Lookup
2. Pencarian Data dengan Fungsi Reference
B. Visualisasi Data
C. Peringkasan Data
1. SUMIFS dan COUNTIFS
2. Pivot Table Satu Dimensi
3. Pivot Table Dua Dimensi.
D. Pengelolaan Data
E. Studi Kasus
1. Tantangan - Pencarian Data.
2. Tantangan- Peringkasan dan Visualisasi Data..
3. Tantangan - Pengelolaan Data
Bab 7 Algoritma Pemrograman..
A. Eksplorasi Lanjutan Scratch..
1. Kode Control, Input, dan Variable
2. Kode Custom Block.
B. Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze. C. Eksplorasi Blockly Games Music.
D. Eksplorasi Sprites dengan Blockly.
E. Pengenalan Pemrograman Prosedural
1. Variabel
2. Percabangan
3. Pengulangan.
F. Modul Tambahan - Bermain dengan Robot Ozobot.
Bab 8 Dampak Sosial Informatika.
A. Media Sosial
1. Klasifikasi Media Sosial
2 Damnak Media Sosial
B. Mengkaji Kritis Informasi Media Sosial
1. Mengembangkan Pemikiran Kriti
2.Memberikan sumber informasi
3. Melakukan Check and Recheck dari Liputan Lain
4.Cek Validitas Gambar
5. Gunakan Akal Sehat
C. Cyberbullying.
1. Perlakuan Cyberbullying..
2. Tanya-Jawab Seputar Perundungan Dunia Maya.
a. Bagaimana menentukan seseorang sedang dirundung atau masih dalam konteks bercanda?
b. Dampak apa yang dapat diakibatkan oleh perundungan dunia maya?
c. Bagaimana jika kalian dan teman kalian menjadi korban cyberbullying?
d. Bagaimana kita menghentikan cyberbullyinng dan menghindari akses ke internet?.
e. Bagaimana cara mencegah informasi pribadi agar tidak digunakan untuk memanipulasi atau mempermalukan kita di media sosial?.
Bab 9 Praktik Lintas Bidang.
A. Media Interaktif Lempeng Bumi.
1. Media Interaktif Lempeng Bumi.
2. Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia.
B. Mesin Hitung Uang Koin
C. Modifikasi Tampilan Mesin Hitung Uang Koin.
Komentar
Posting Komentar