8a_ Informatika Dan pembelajarannya

 Tugas 24_ INF 8a_bab1. Informatika dan pembelajarannya. 

         


Salam sobat lailatulfitri123.blogspot. Salam berjumpa lagi dengan blog salam sobat,pada kali ini berjudul "8a_Informatika dan pembelajarannya" Selamat membaca dan jangan lupa untuk komentar.s


A. PRINSIP YANG PERLU DI PAHAMI OLEH PESERTA DIDIK

1.Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.

2. Informatika bukan hanya memakai gawai atau komputer, tetapi juga memakai aplikasi (perangkat lunak) dan memahami sistem komputasi. Informatika merupakan salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.

3. Informatika terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari.

4. Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain. Oleh sebab itu, setelah belajar Informatika, kalian perlu memikirkan: Apa kaitannya dengan mata pelajaran dan bidang lain? Apa yang kudapatkan pada pembelajaran Informatika? Apa yang dapat membantuku untuk memahami mata pelajaran lain dengan lebih baik dan sebaliknya? Apa yang dapat kuterapkan untuk menyelesaikan kan persoalan yang kuhadapi dalam kehidupan sehari-hari?

5. Pembelajaran Informatika akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide, karya digital kreatif, aplikasi atau sistem komputasi di dunia digital, bukan hanya sebagai pengguna teknologi atau konsumen produk.

TIDAK TERLALU CEPAT BERTEKNOLOGI YANG PENTING PIKIR.                




B. KILAS BALIK MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII

1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian telah belajar menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari yang di dalamnya terdapat aspek informatika, khususnya algoritma, optimasi penjadwalan, struktur data list, dan representasi data. 

2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian telah belajar mengenai pembuatan karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder. 

3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian belajar mengenai definisi komputer, komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung. 

Pembelajaran Informatika kelas VIII ini dilBbbgdvgubakukan sebagai kelanjutan pembelajaran kelas VII, untuk pendalaman konsep Informatik adan pebentukan keterampilan dan pembentukan karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.                                                                                                                                   

        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7a_Langkah-Langkah Membuat Vidio Di Capcut

7_a aplikasi yg di pasang di hp ku

7a_rangkuman berpikir komputasional bab 2